Ceritanya begini, saya punya dua buah hard disk Maxtor DiamondMax Plus 8 (6E040L0) 40 GB yang dikonfigurasi menjadi sebuah RAID array tipe 0 (striped volume) melalui Disk Management-nya Windows XP Professional. Disk array tersebut selama ini saya pakai untuk kebutuhan komputer sehari-hari terutama capturing dan editing video. Masalahnya, sekarang salah satu dari dua hard disk tersebut rusak mainboardnya (ada komponen yang terbakar). Otomatis, konfigurasi RAID-0 tidak akan berjalan kalau satu atau beberapa hard disk-nya tidak bekerja. Data yang ada di disk array itu pun tidak terbaca.

Nah, beberapa ide sempat terlintas di pikiran saya supaya hard disk bisa bangkit lagi dan data bisa dibaca kembali. Tapi sayangnya belum bisa saya coba.

Ide no. 1:
Cari hard disk dengan tipe/model yang sama (Maxtor 6E040L0) yang masih normal atau yang sudah rusak tapi mainboardnya masih bekerja, kemudian mainboard hard disk yang rusak diganti dengan mainboard normal dari hard disk yang baru didapat. Disk array _seharusnya_ dapat bekerja dan data _seharusnya_ dapat dibaca lagi.

Masalahnya, saya belum menemukan hard disk dengan tipe/model seperti yang saya butuhkan. Hard disk ini keluaran lama, mungkin 2003 atau 2004.

Ide no. 2:
Hard disk yang masih normal dalam disk array dibuat image-nya. Mainboard dari hard disk yang masih normal dipindah ke hard disk yang mainboardnya rusak. Hard disk yang mainboardnya diganti ini dibuat juga image-nya. Kedua image tersebut di-mount sedemikian rupa sehingga ter-mount sebagai disk array dan _seharusnya_ data bisa dibaca.

Masalahnya, saya belum tahu bagaimana cara membuat image dan me-mount-nya kembali sehingga data bisa dibaca.

Ide no. 3:
Saya curhat di blog ini dan berharap siapa saja yang membaca dapat ikut menyelesaikan masalah saya ini…