Driver HP CDMA Nexian

Pernah dengar merek hape CDMA Nexian? Atau sudah pernah pakai? Atau malah sekarang lagi bingung cari driver CDS4? Saya hampir yakin kalau sampeyan nyasar sampai kesini karena pertanyaan yang terakhir.

Sama. Saya juga bingung.

Pertama kali pegang hape ini saya perhatikan kok colokan buat chargernya sama dengan colokan USB. Bisa buat modem nih… Pas saya colok kabel USBnya, kedetek sih, tapi kedetek sebagai CDS4. Device macem apa nih? Mana engga dikasih CD drivernya lagi.

Liat di Device Manager, ternyata hape ini punya ID macem begini:

USB\VID_15EB&PID_0001\5&2ECE8171&0&2

Buat yang belum ngerti, rentetan huruf di atas maksudnya device ini vendor-ID-nya 15EB dan product-ID-nya 0001. Setelah itu saya engga ngerti.

Setelah mencari lewat Mbah Gugel pake keyword VID_15EB&PID_0001, saya nyasar ke web ini. Disana ada file INF supaya CDS4 bisa dikenali. Setelah saya coba instal INF-nya, memang betul, hape ini kedetek. Bisa buat modem dong?

Eits, nanti dulu. Engga taunya, setelah INF di install, muncul dua device baru, INTF0 dan INTF1. Daripada pusing-pusing akhirnya tanya lagi ke simbah dan nyasar ke sini. Kalau mau donlot driver Nexian di situ aja.

Tapi emang saya lagi sial, driver donlotan ini engga mau diinstal di laptop saya yang OS-nya Windows XP SP3 ini…