Acer Aspire 4520: Pengatur gelap-terang LCD

Pernah suatu saat terjadi keanehan pada Acer 4520 saya. Pengatur gelap-terangnya LCD gak bekerja dengan benar. Kalau dibikin makin terang (Fn+Kanan), hasilnya makin terang, makin terang, terus tiba-tiba jadi paling gelap. Kalau diteruskan jadi terang lagi, tapi kembali lagi ke yang paling gelap. Seperti ada loop-nya. Kadang-kadang dari paling gelap tiba-tiba jadi paling terang. Ada-ada saja…

Pertama-tama saya pikir ini OS-related problem. Tapi setelah di-restart dan dimatihidupkan (kata yang aneh…) kok tetep tidak ada perubahan. Coba reset CMOS juga gak membantu ternyata. Tiba-tiba insting saya mengatakan “…flash ulang BIOSnya…”. Gak tau insting ini datang dari mana. Tapi akhirnya dengan nekat saya coba juga. Kebetulan saya juga punya file BIOS terbaru (saat itu versi 1.3626).

Sambil berdoa saya tunggui proses flashnya sampai selesai. Dengan harap-harap cemas saya matihidupkan si laptop tersayang. Saya tunggu sampai boot dan masuk ke OS.

Fn dan kanan. Tambah terang. Fn dan kanan lagi. Tambah terang lagi. dst… Jadi paling terang. Fn dan kanan lagi. Gak ada perubahan. Bagusss. Setelah main-main dengan gelap-terang-gelap-terang saya yakin kalau pengaturnya sudah normal.

Tapi apa hubungan BIOS dan pengatur gelap-terang?

  • …hubungan gelap??