APRS

Sumber: http://info.aprs.net/index.php?title=Main_Page

APRS adalah singkatan dari Automatic Packet Reporting System. APRS ini memanfaatkan sistem komunikasi digital dari radio amatir untuk melakukan pertukaran informasi antar anggota jaringan secara real-time. APRS biasa digunakan untuk men-tracking posisi dari sasaran yang bergerak dengan menggunakan peta yang ditampilkan pada layar monitor. Sistem ini dirancang oleh Bob Bruninga yang saat ini bekerja di United States Naval Academy. APRS pertama kali dibuat pada tahun 1990 dan mengalami perkembangan yang pesat setelah 10 tahun.

Pengoperasian APRS memerlukan : Perangkat amatir radio, TNC (soundcard) untuk radio paket, Computer, Program APRS. Untuk pengoperasian yang akurat, banyak stasiun APRS juga menggunkan Global Positioning System (GPS) yang dihubungkan dengan computer pada stasiunnya.

APRS menggunakan unconnected protocol untuk memancarkan posisi tepat (koordinat) dari stasiun, symbol yang menunjukkan jenis stasiun yang digunakan dan keterangan singkat mengenai kondisi stasiun tersebut. Karena menggunakan unconnected protocol, jumlah paket yang dipancarkan dapat diminimalkan. APRS cukup mengirim 1 paket yang membawa semua informasi mengenai stasiun tersebut. Jika paket tersebut tidak dapat diterima pada transmisi pertama, APRS akan mengulang pancarannya setiap beberapa waktu yang ditentukan. Ini membuat penggunaan frekuensi menjadi lebih efisien.