Tentang FreeBSD

Apa FreeBSD itu?
As far as i know, FreeBSD adalah UNIX-like operating system yang bekerja di platform x86, amd64, ARM, IA-64, PPC, dan berbagai platform lainnya. FreeBSD adalah salah satu modifikasi dari UNIX versi BSD yang dikembangkan oleh University of California, Berkeley, dan BSD sendiri adalah kependekan dari Berkeley System Distribution. Selain FreeBSD, ada BSD yang lain yaitu OpenBSD dan DarwinOS, dan mungkin masih ada yang lain.
Sesuai dengan namanya, FreeBSD merupakan operating system yang free of charge alias gratis plus ada source code-nya.Proyek FreeBSD dimulai pada tahun 1993. Untuk lebih lengkapnya lihat di
http://www.freebsd.org/doc/en_US.ISO8859-1/books/handbook/history.html
(maaf, saya malas menerjemahkan…)

Operasional FreeBSD
Seperti nenek moyangnya, UNIX, FreeBSD adalah operating system yang text-based (walaupun sebenarnya bisa dipasang GUI).

Tidak seperti operating system yang lain seperti DOS (termasuk Windows), Linux, atau MacOS, FreeBSD memiliki skema partisi yang berbeda (walaupun tetap kompatibel dengan skema partisi DOS). FreeBSD membuat satu partisi sendiri yang dinamakan slice. Di dalam slice ini baru dibagi-bagi menjadi filesystem root, boot, swap, dan lain-lain.

Instalasi?
Gampang, tinggal masukkan CD/DVD instalasi FreeBSD, boot dari CD/DVD tersebut. Tinggal ikuti petunjuk kok. Untuk laptop mungkin ada sedikit masalah. Disable ACPI supaya CD/DVD FreeBSD bisa boot dengan normal.

Apa lagi ya? Sepertinya baru ini yang saya tahu. Kalau ada salah mohon dikoreksi.